Pendekatan Sistem Dalam Memecahkan Masalah Dan Membuat Keputusan

27 Nov 2011 15.07

PENDEKATAN SISTEM
Pendekatan Sistem Merupakan Serangkaian langkah-langkah pemecahan masalah yang memastikan bahwa masalah dipahami, solusi alternative dipertimbangkan dan solusi yang dipilih bekerja.

- Pemahaman dasar pemecahan masalah dan pembuatan keputusan
-    Masalah : Suatu kondisi yang memiliki potensi untuk menimbulkan kerugian atau keuntungan luar biasa.
-    Pemecahan Masalah : Tindakan memberi respon terhadap masalah untuk mengatasi   akibat buruknya atau memanfaatkan peluang keuntungan.
Masalah tidak terstruktur                    = Manajer
Masalah Terstrktur                               = Komputer
Masalah Semi Terstruktur                   = Manajer & Komputer
Pentingnya pemecahan masalah didasarkan pada konsekuensinya bukan jumlah waktu.
-     Gejala : Kondisi yang dihasilkan oleh masalah.
 Gejala menyerupai puncak gunung Es = Manajer harus mencari penyebab masalah  dibalik gejala.
Suatu masalah adalah penyebab dari sutu persoalan atau penyebab dari suatu peluang
  -    Keputusan : Pemilihan suatu strategi atau tindakan
  -    Pengambilan Keputusan : Tindakan memilih strategi/ aksi yang 
       manajer yakini akan memberikan solusi tebaik atas masalah.
-         
Tahapan pemecahan masalah dengan menggunakan Pendekatan Sistem
1.                   Usaha Persiapan
Mempersiapkan manajer untuk memecahkan masalah = menyediakan orientasi sistem. Langkah :
ü  Memandang perusahaan sebagai suatu sistem = menggunakan model sistem umum perusahaan.
ü    Mengenali sistem lingkungan = menempatkan perusahaan sebagai suatu 
      sistem dalam lingkungannya.
ü   Mengidentifikasi subsistem perusahaan = subsistem sebagai bentuk area-area fungsional, tingkat-tingkat manajemen sebagai subsitem, arus sumber daya sebagai dasar membagi perusahaan menjadi subsistem.
2.                   Usaha Definisi
Identifikasi masalah : Suatu masalah ada atau akan ada.
Pemahaman masalah : mempelajari untuk mencari solusi
Pemicu masalah : sinyal umpan balik yang menunjukkan hal-hal lebih baik atau buruk. Langkah :
ü  Bergerak dari tingkat sistem ke subsistem : Tiap tingkatan manajemen adalah suatu subsistem.
Yang dilakukan oleh seorang manajer : mempelajari posisi sistem dihubungkan dengan lingkungan, menganalisis sistem menurut subsistem-subsistem.
ü  Menganalisis bagian sistem dalam urutan tertentu. Pada saat mempelajari tiap tingkat system, elemen-elemen sistem dianalisis secara berurutan :
a.      Mengevalusai standar : Standar harus sah, realistic, dimengerti, 
         terukur.
b.      Membandingkan output sistem dengan standar
c.       Mengevaluasi Manajemen
d.      Mengevaluasi pemrosesan Informasi
e.      Mengevaluasi input dan sumber daya input
f.       Mengevaluasi proses tranformasi
g.      Mengevaluasi sumber daya output
3.                   Usaha Solusi
ü    Mengidentifikasi solusi alternative
Manajer harus mengidentifikasi bermacam-macam cara untuk memecahkan permasalahan yang sama. 
Contoh : computer tidak dapat menangani volume aktifitas kegiatan perusahaan, 
alternatifnya : menambah computer, mengganti computer,
mengganti dengan   jarinagan computer.
ü    Mengevaluasi solusi alternative : 
      mempertimbangkan kerugian dan keuntungan dari setiap alternative
ü    Memilih solusi terbaik : mengambil satu alternative
ü    Menerapkan solusi terbaik
ü   Membuat tindak lanjut untuk memastikan bahwa solusi itu efektif : Manajer harus memastikan solusi mencapai kinerja yang direncanakan.
-         
Faktor
manusia yang mempengaruhi Pemecahan Masalah 
Tiap manajer memiliki gaya pemecahan masalah yang unik, gaya ini dapat mempengaruhi dalam :
1. Merasakan masalah
2. Mengumpulkan Informasi
3. Menggunakan Informasi
Pendekatan sistem dalam perspektif
Hal yang diperhatikan :
 1. Pendekatan sistem sebenarnya hanyalah akal sehat
 2. Pendekatan sistem hanyalah satu cara memecahkan suatu masalah
 3. Pendekatan sistem adalah metodologi system dasar
Referensi :
juwita.staff.gunadarma.ac.id/PENDEKATAN+SISTEM

Template oleh : meong-meoooong | Blogger
username
password